Minggu, 09 Maret 2008

perubahan perilaku konsumen


Kondisi situasional mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen terhadap intensitas pembelian produk dan jasa bisnis kuliner saat ini. Konsumen menjadi lebih cermat dan rasional dalam membelanjakan uangnya. Para pemasar harus mampu mencermati hal tersebut, agar tidak menjadikan konsumen sebagai obyek tetapi juga sebagai subyek yang harus diajak berpartisipasi dalam bisnis mereka.Konsumen mulai mampu menyesuaikan kebutuhan dan keinginannya dengan situasi dana yg ada. Hal ini sangat dirasakan oleh sebagian besar penjual produk kuliner, bahwa konsumen lebih memilih produk substitusi, yg biasanya makan ikan gurameh sekarang berubah dengan ikan Nila sudah cukup. Memilih paket Menu untuk merayakan sesuatu acara pesta dengan keluarga atau teman selalu mencari paket yg paling murah, dengan pertimbangan yg penting acara dapat terlaksana, tidak memperhatikan lagi disajikan untuk siapa ? Permasalahan inilah yg saat ini sebagai tantangan para pengusaha bisnis kuliner. Sikap konsumen mulai lebih kritis, idealis dan emosional karena merasa dibutuhkan.

Tidak ada komentar: