Kamis, 13 Maret 2008

tantangan dan inovasi usaha


Banyak pengusaha saat ini bingung dengan situasi kondisi faktor alam, sosial & ekonomi yg semakin tidak menentu. perubahan keinginan, kemampuan daya beli konsumen, membuat semakin sulit bagi semua pengusaha untuk berkembang, musibah, bencana banjir dimana-mana, kerusuhan, tingkat keamanan yg dipicu melemahnya faktor ekonomi, tingkat kemiskinan semakin tinggi. Keinginan dan kebutuhan masyarakat semakin tinggi tidak seimbang dg dana yg tersedia, perilaku nekat menempuh jalan pintas yg tidak pantas terpaksa dijalankan. Kesadaran, sikap mental yg baik justru melemah, akibat tekanan dan pengaruh lingkungan yg ada. Solusi sederhana adalah menyesuaikan dengan kondisi yg ada, ciptakan ide sederhana yg efektif dg pendekatan kemauan, kebutuhan, keinginan dan harapan pasar konsumennya (market driven). Usaha yg sudah ada dan kurang efektif perlu konsolidasi, konsep baru yg marketable, apabila menunjukkan peningkatan prospek maka citakan strategi yang berorientasi tetap pada kebutuhan pasar (customize oriented) dan strategi pemasaran dari marketing mix yg aplikatif. Empat faktor penentu keberhasilan pengelolaan bisnis yg utama dari keberadaan : 1. Faktor lingkungan (environment); 2. Produk baik tangible maupun intangible, SDM yg handal,dan kompeten; serta Manajemen yg profesional. selanjutnya terserah anda ?

Tidak ada komentar: